Connect with us

Senior

Alfredo Vera Dukung Shopee Liga 1 Pakai VAR

“Semua yang bisa membuat sepak bola Indonesia lebih bagus dan maju, ya saya mendukung itu,” kata Alfredo Vera.

Bhayangkara FC – Belum lama ini, Komite Eksekutif PSSI memutuskan agar kompetisi Shopee Liga 1 2019 menggunakan Video Assistant Referee. Exco PSSI meminta kepada PT Liga Indonesia Baru segera mengkaji untuk mengetahui biaya dan insfrastruktur bila menggunakan VAR.

Sementara PSSI menyiapkan metode pelatihan untuk wasit sesuai regulasi FIFA bila nantinya VAR sudah diterapkan di Indonesia. Keputusan menggunakan VAR demi memperbaiki sepak bola Indonesia.

Mengenai rencana tersebut, pelatih Bhayangkara FC, Alfredo Vera, mengatakan ia mendukung apa yang ingin dilakukan PSSI dan PT LIB. Vera yakin itu akan membuat sepak bola Indonesia lebih maju.

“Semua yang bisa membuat sepak bola Indonesia lebih bagus dan maju, ya saya mendukung itu,” kata Alfredo Vera.

Kehadiran VAR diyakini tidak akan merugikan klub-klub peserta Shopee Liga 1 2019. Wasit dinilai akan bekerja dengan teliti dalam sebuah pertandingan.

Dalam penerapannya, tidak semua pelanggaran memerlukan bantuan VAR. Kalau wasit merasa pelanggaran yang terjadi sudah dianggap jelas dan yakin dengan keputusan yang diambilnya, VAR tidak diperlukan lagi.

VAR digunakan manakala wasit merasa ada kejanggalan dalam pengambilan keputusannya. Wasit kemudian berkomunikasi melalui sistem cek ke VAR.

Setelah itu baru ditampilkan tayangan ulang VAR. Bukan permintaan pemain atau tim, tapi langsung keputusan wasit. Namun demikian, sejauh ini belum diketahui secara pasti kapan penerapan VAR mulai berlangsung di Shopee Liga 1 2019.

“Saya pikir dengan adanya VAR bisa membuat kompetisi ini berjalan lebih baik lagi,” kata pelatih asal Argentina tersebut. (MI)

More in Senior