Connect with us

U-20

Dua Pemain Bhayangkara FC U20 Jalanin Operasi

“Jangan anggap remeh kejadian cedera pada lutut atlet. Kejadian cedera kapanpun bisa terjadi baik karena contact atau non body contact, jaringan soft tissue yang lemah, gerakan yg salah, lapangan yang tidak layakpun bisa menjadi sebab”, ujar Dokter AL, Dokter Bhayangkara FC.

Bintaro – Dua pemain Bhayangkara FC U20, Robby dan Raja telah usai menjalani proses operasi untuk repair ligamen ACL pada masing-masing lutut mereka. Kedua pemain ini menjalani operasi di hari yang sama di Rumah Sakit Premier Bintaro, Kamis (03/10) pagi hari.

Cedera ini mereka dapatkan saat pertandingan membela tim Bhayangkara FC U20. Untuk Roby cedera dialami saat melawan Persija dan disaat menyelamatkan gawang Bhayangkara FC, sedangkan Raja disaat latihan dan merasakan nyeri di lutut terus menerus.

Cedera ligamen ACL ini kerap terjadi pada atlet. Dahulu memang menjadi momok bagi atlet karena cedera ini mengakibatkan atlet pensiun dini dari kariernya karena sudah tidak bisa maksimal dalam performanya dan kembali lebih kuat di enam bulan ke depan.

Tapi kini dengan kemajuan ilmu bedah orthopaedi sub sports, berkombinasi dengan ilmu sports rehabilition maka hal tersebut sudah bisa diatasi dan dengan waktu 6 bulan bakal bisa return to sports.

Pengalaman di tim Bhayangkara FC senior adalah TM.Ichsan yang pernah berkutat dengan hal ini dan pas hitungan maka sudah bisa berkontribusi untuk tim dengan maksimal.

“Jangan anggap remeh kejadian cedera pada lutut atlet. Kejadian cedera kapanpun bisa terjadi baik karena contact atau non body contact, jaringan soft tissue yang lemah, gerakan yg salah, lapangan yang tidak layakpun bisa menjadi sebab”, ujar Dokter AL, Dokter Bhayangkara FC.

Sebagai tim medis harus jeli melihat kelainan seperti ini pada atlet apalagi atlet usia muda karena gejala yg timbul sering mengkaburkan pemeriksaan. Dengan pengamatan saat pola kejadian dan gejala yg ada maka bisa segera di tindak lanjuti dengan pemeriksaan seksama baik itu pemeriksaan fisik maupun penunjang.

“Alhamdulillah antisipasi ini kami lakukan dan atlet segera mendapatkan pantauan dari dokter orthopedi yg konsen terhadap sports injury. Saran kami adalah untuk atlet mohon diikutkan asuransi terhadap kecelakaan kerja (olahraga) agar biaya tidak menjadi kendala saat kejadian cedera yg tidak diharapkan mengenai atlet”, ujarnya.

Dua pemaim ini menjalanin operasi dengan lancar dan kemudian menjalanin rehab untuk penyembuhan dan akan kembali merumput sekitar 6 bulan ke depan.

“Alhamdulillah Robby dan Raja telah menjalani proses operasi di Rumah Sakit Premier Bintaro. Dan sekarang kondisinya sudah stabil dan harus menjalanin rawat inap dan di perikirakan dibolehkan pulang selambatnya 5 hari ke depan”,ujar Egi, tim physiotherapy Bhayangkara FC U20.

Setelah operasi maka mereka akan menjalani proses rehabilitasi medis agar kedua pemain tersebut terjaga dan selalu terpantau oleh tim medis dan psyoteraphy Bhayangkara FC.

Kedua pemain sementara beristirahat selama 6 bulan dan absen dalam babak semifinal dan final di EPA Liga 1 U20 2019. (mak)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in U-20